Tepung Komposit: Alternatif Produk Bakeri

36_GRACE_FRI_WEB_DES_TEPUNG-KOMPOSIT-SEBAGAI-ALTERNATIF-KOMPONEN-UTAMA-PRODUK-BAKERI

Industri bakeri memiliki prospek yang cukup besar dan terus mengalami pertumbuhan. Pada 2011 pertumbuhan total industri ini mencapai 7-10% dengan nilai omzet sebesar Rp14 triliun. Sementara di tahun 2014, pertumbuhannya semakin meningkat mencapai 15% dengan total omzet mencapai Rp20 triliun, berdasarkan data dari Asosiasi Pengusaha Bakery Indonesia (APEBI). Industri bakeri umumnya memiliki bahan baku tepung terigu. Tanaman gandum sebagai sumber tepung terigu, secara agroekologi kurang cocok ditanam di Indonesia. Hampir 100% biji gandum, diimpor dari negara asing, seperti Australia, Kanada, dan Amerika Serikat. Seiring dengan peningkatan pertumbuhan industri bakeri, jumlah dan nilai impor terigu juga mengalami kenaikan.

Dr. -Ing. Azis Boing Sitanggang STP, MSc akan mengupas mengenai tepung komposit sebagai alternatif dalam pembuatan bakeri.

Informasi lebih lanjut dapat dilihat pada FOODREVIEW INDONESIA Vol XII, No 12, 2016 edisi “Trendy Bakery” di www.foodreview.co.id atau pustakapangan.com


Leave a Reply